Kehidupan Seputar Keluarga

Artikel Seputar Keseharian Kita dan Keluarga

Bisakah hati yang tersakiti disembuhkan?

  • Banyak hal di dunia ini mampu membuat seseorang terluka hatinya, apalagi jika yang melakukan adalah orang yang selama ini dicintai. Namun, bukan berarti rasa sakit yang ditimbulkan harus dipendam selamanya. Merelakan, melupakan serta berdamai dengan sumber penyebabnya adalah cara paling ampuh agar bisa segera bangkit dan menemukan kembali kebahagiaan.
    Pertanyaannya, bisakah hati yang tersakiti disembuhkan?
    Melalui artikel kali ini kita akan mencoba membahas bagaimana cara paling mudah untuk mengatasi hati yang tersakiti dan gunakan kesempatan ini sebagai cara untuk menginstropeksi diri serta belajar menjadi lebih dewasa.
  • 1. Mencatat setiap kejadian

    Para remaja khususnya gemar sekali mencatat setiap kejadian dalam hidupnya dalam bentuk diary, hal ini menurut psikolog Anna Nurwati sangat baik dilakukan untuk mencurahkan isi hati tanpa perlu takut diketahui oleh orang lain. Namun demikian, mengungkapakan segala kekesalan, kesedihan, rasa kecewa dan sakit hati ke dalam sebuah buku bisa dilakukan oleh siapa saja, hingga Anda bisa merasakan kelegaan dan mampu melupakan sumber penyebab permasalahan.
  • 2. Berbagi perasaan

    Berbagi perasaan dengan orang lain akan membuat Anda sadar bahwa sebetulnya Anda tidak sendirian. Ceritakan permasalahan yang sedang Anda hadapi ke seseorang yang bisa Anda percayai, mintalah bantuan serta nasihat darinya agar Anda bisa memiliki gambaran apa yang harus Anda lakukan supaya bisa bangkit.
  • 3. Jaga pola hidup sehat

    Tidak ada alasan untuk menyerah dengan rasa sakit hati yang sedang Anda alami, bahkan jangan pernah izinkan rasa sakit tersebut memengaruhi kesehatan Anda. Jagalah selalu kesehatan tubuh Anda dengan tetap berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan berusaha tetap berpikir positif agar Anda mampu menemukan solusi untuk keluar dari persoalan yang sedang Anda hadapi.
  • 4. Ambil hikmahnya

    Dari setiap persoalan hidup yang sedang Anda hadapi selalu ada hikmah yang bisa dipetik bagi perbaikan diri. Karena itu, jangan pernah berusaha menyalahkan diri sendiri atau mencari pembenaran dari setiap problematika, tapi gunakan kesempatan ini untuk mengintropeksi diri dan menemukan hal-hal positif yang bisa membuat Anda menjadi lebih dewasa.
  • 5. Jadilah penuh syukur

    Memang terdengar klise, tapi bagaimana Anda bisa bangkit dan segera keluar dari belenggu sakit hati jika tidak bersedia bersyukur pernah mengalaminya? Maka dari itu, jangan pernah izinkan rasa sakit hati tumbuh menjadi borok yang terus-menerus menggerogoti rasa percaya diri Anda, tapi belajarlah untuk bersyukur pernah mengalaminya agar Anda bisa lebih berhati-hati membuat keputusan dalam kehidupan Anda.
  • 6. Berdamai dengan masa lalu

    Agar bisa segera sembuh dan melupakan sumber rasa sakit hati terlebih dahulu Anda harus mampu berdamai dengan masa lalu Anda dan hal ini hanya bisa dilakukan dengan cara mengampuni. Ya, pengampunan adalah cara terbaik agar Anda bisa kembali bahagia, pengampunan ibarat oasis ketika hati Anda penuh dengan amarah dan kekecewaan.
  • 7. Jangan pernah menyakiti diri sendiri

    Ironis , ada banyak orang tidak mampu mengatasi kecewa yang ditimbulkan oleh rasa sakit hati dan akhirnya lebih memilih untuk segera mengakhiri hidupnya. Ingat, ketika Anda merasa putus asa sebetulnya Anda sedang tidak sendirian, bahkan mungkin ada banyak orang selain Anda yang memiliki permasalahan lebih berat tapi mampu mengatasinya. Namun, ketika Anda merasa lemah dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya jangan pernah lupakan Tuhan yang bisa membantu Anda, jangan tinggalkan Dia agar Anda tidak semakin merasa kesepihan.
  • 8. Senangkan hati Anda

    Untuk bisa menyenangkan hati tidak harus selalu dengan mengeluarkan biaya mahal, tapi Anda bisa coba meluangkan waktu untuk megerjakan hobi atau cobalah berlibur sejenak agar hati dan pikiran Anda bisa tenang.
  • 9. Waktu yang akan menyembuhkan

    Memang Anda tidak bisa langsung melupakan penyebab rasa sakit hati, tapi percayalah waktu yang akan menyembuhkannya. Anda hanya diminta untuk tetap bertahan dan menjalankan aktivitas Anda seperti biasanya dan perbanyaklah bersosialisasi agar pikiran-pikiran Anda selalu terhibur.
    Setiap hati yang tersakiti bisa disembuhkan, tapi semua tergantung komitmen dan kesediaan dari Anda untuk mau berusaha bangkit atau tidak. Jangan menyerah dengan kenyataan karena masa depan dan kebahagiaan Anda jauh lebih berharga daripada rasa sedih yang saat ini mungkin sedang Anda alami.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bisakah hati yang tersakiti disembuhkan?"

 
Copyright © 2016 Kehidupan Seputar Keluarga
Template By Kunci Dunia