Kehidupan Seputar Keluarga

Artikel Seputar Keseharian Kita dan Keluarga

Ngemil itu ternyata menyehatkan!

Kalau Anda adalah penyuka camilan, ini saatnya Anda pilih camilan yang menyehatkan.


  • Ada begitu banyak camilan yang dijual di toko sekarang ini, dengan makin meningkatnya kesadaran akan kesehatan, orang memilih untuk membeli camilan yang sehat. Adakah camilan yang kaya nutrisi? Dengan begitu banyak power bar yang ada, Anda tidak akan sulit menemukan camilan yang kaya nutrisi. Anak-anak mungkin lebih menyukai cip kentang atau cip-cip model lain yang banyak mengandung sodium sehingga kurang sehat karena dapat menaikkan darah tinggi. Sebagai orangtua kita perlu mengajarkan dan memberi mereka pilihan yang lebih sehat.
  • Sereal

    Ada sereal yang dapat Anda makan tanpa susu. Pilihlah yang tidak terlalu banyak kandungan gulanya. Anda dapat menjadikannya camilan bila Anda lapar atau sambil Anda menonon televisi.
  • Brondong jagung

    Konon camilan ini baik untuk para penderita diabetes, Anda dapat makan banyak-banyak tanpa menambah kalori, dan juga tidak mengandung banyak karbohidrat, asalkan Anda tidak menambahkan mentega atau gula pada brondong itu.
  • Power bar

    Konon camilan ini baik bagi mereka yang rajin berolahraga seperti angkat besi dan sebagainya. Karena kandungan nutrisinya banyak, orang tidak perlu makan banyak makanan lainnya.
  • Trail mix

    Anda dapat mengisi toples kosong dengan campuran beberapa jenis kacang, beberapa jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji semangka tanpa kulit, kismis dan sedikit mini M&M untuk persediaan camilan di rumah. Trail mix ini mahal bila Anda membeli yang sudah jadi, karena itu lebih baik mencampur sendiri.
  • Buah dan sayur

    Tentu saja camilan yang terdiri dari buah dan sayur merupakan camilan yang sangat sehat. Strawberry, blackberry, raspberry dan juga sayur seperti brokoli, kembang kol, tomat dapat dimakan dengan sedikit bumbu. Sedangkan buah-buahan lain seperti pisang, melon mengandung banyak potasium yang bermanfaat bagi kesehatan Anda.
  • Yoghurt

    Makanan ini sangat menyehatkan badan dan mudah dibuat. Jika Anda mempunyai segalon susu dan segelas yoghurt Anda dapat menjadikan susu itu yoghurt. Taruhlah susu itu di microwave atau di atas kompor sampai agak hangat, jangan terlalu panas karena biang yoghurt akan mati bila kepanasan. Campurkan yoghurt dengan susu sampai rata, kalau perlu diaduk dengan mixer.
  • Dendeng

    Camilan ini di negara Barat disebut jerky dan merupakan camilan yang sangat umum. Biasanya terbuat dari daging sapi, ada pula yang dari kalkun, ini dianggap lebih sehat dari daging sapi karena tidak mengandung lemak.
  • Pisang goreng

    Sebaiknya kita menghindari makanan goreng-gorengan. Lebih baik makan pisang kepok yang ditaruh di microwave selama 2 menit sehingga empuk. Goreng-gorengan seperti pisang goreng, tahu goreng, combro dan misro memang enak dimakan panas-panas di hawa dingin, namun terlalu banyak makan gorengan berbahaya bagi kesehatan.
  • Susu

    Dapat menjadi penyeling di antara makan siang dan makan malam sehingga Anda tidak menjadi terlalu lapar. Susu coklat sama baiknya jika Anda kurang menyukai susu putih.
    Ada keju yang dikemas khusus untuk camilan, bentuknya hampir seperti sosis tetapi lebih kecil sedikit. Keju ini disebut string cheese karena dapat ditarik-tarik sedikit demi sedikit seperti benang.
  • Wortel

    Wortel yang kecil-kecil yang biasa disebut baby carot, enak untuk dikunyah-kunyah sebagai camilan.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ngemil itu ternyata menyehatkan!"

 
Copyright © 2016 Kehidupan Seputar Keluarga
Template By Kunci Dunia